+62 645 42670

BUKET RATA, LHOKSEUMAWE

triangle

PT. PHE NSB dan NSO beserta PNL Gelar Program Pengembangan Usaha Perbengkelan Sepeda Motor

PT. PHE NSB dan NSO beserta PNL Gelar Program Pengembangan Usaha Perbengkelan Sepeda Motor

 

 

PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA PERBENGKELAN SEPEDA MOTOR

DI KABUPATEN ACEH UTARA

Kerjasama PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB dan PHE NSO

Dengan

Politeknik Negeri Lhokseumawe

 

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan karena lebih praktis dan juga dari faktor harga lebih terjangkau dibandingkan kendaran roda empat atau mobil. Menurut Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Shindhuwinata, jumlah sepeda motor di Indonesia saat ini sebanyak 85 juta unit. "Sampai tahun 2016 populasi sepeda motor di Indonesia 85 juta unit. Dari jumlah masyarakat Indonesia yang sekira 250 jutaan, artinya satu banding tiga," kata Gunadi kepada VIVA.co.id dan mengalami peningkatan prosentase sekitar 12.5-15% pertahun. Berdasarkan pendaftaran online Samsat tahun 2015, jumlah motor baru di Aceh setiap bulan rata-rata bertambah 9.000 unit. Dari jumlah tersebut, 6.000 sampai 7.000 unit di antaranya adalah produk Honda. Sementara itu, Kabupaten Aceh Utara masih menjadi penyumbang penjualan terbesar Honda dengan rata-rata 2.000 unit per bulan. Skuter matik (skutik) masih mendominasi penjualan motor Honda di Aceh dengan kontribusi mencapai 70 persen.

Dengan semakin banyaknya pengguna sepeda motor dalam negeri, peningkatan produksi otomotif sepeda motor pun juga terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target penjualan yang tentu saja ikut terdongkrak akibat banyaknya permintaan pasar. Jika angka penjualannya tinggi, kebutuhan untuk perawatan dan perbaikan sepeda motor juga akan tinggi, padahal jumlah bengkel resmi yang dibangun oleh pihak produsen tidak mencukupi untuk menampung semua kebutuhan akan servis dan perbaikan sepeda motor yang telah mereka jual.

Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB NSO dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara telah melakukan kerjasama dalam kegiatan program pengembangan usaha perbengkelan sepeda motor bagi pemuda di Kabupaten Aceh Utara. Melalui kegiatan ini diharapkan pengangguran bagi para kaum muda khususnya yang putus sekolah menjadi berkurang dan kualitas angkatan kerja menjadi lebih baik.

Khalayak startegis penerima manfaat yang menjadi sasaran kegiatan program pengembangan usaha perbengkelan sepeda motor bagi pemuda kerjasama Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB NSO dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe  adalah pemuda yang telah pernah mengikuti pelatihan sepeda motor dan proses manufaktur sebelumnya, belum mendapat pekerjaan dan berdomisili di lingkungan Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB NSO di Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Dari hasil seleksi yang dilakukan terpilih dua kelompok penerima manfaat, yaitu kelompok pemuda kecamatan Pirak Timu dan kelompok pemuda kecamatan Tanah Luas.  Masing-masing kelompok terdiri dari 3 (tiga) orang.  Penerima manfaat mendapat pelatihan perawatan dan perbaikan sepeda motor selama 2 (dua) minggu di Politeknik Negeri Lhokseumawe. Hal ini bertujuan mempelancar skill yang telah didapat sebelumnya.

Dari hasil kegiatan program pengembangan usaha perbengkelan sepeda motor bagi pemuda kerjasama lingkungan Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB NSO dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe  telah diresmikan dua unit usaha perbengkelan sepeda motor, yaitu :  BENGKEL JRJ MOTOR beralamat Jl Cut Mutia Desa Alu Bungkoh Pirak Timu- Aceh Utara dan BENGKEL SEPEDA MOTOR R2N TEKNIK beralamat Keude Blang Jruen Tanah Luas-Aceh Utara.

 

Leave a Comment